Cara Menenangkan Bayi Menangis

Tips
Bayi diajak bicara pelan-pelan/pixabay image

 

Mendengar bayi menangis terus menerus, terutama di malam hari, membuat banyak orangtua panik. Ketika orangtua mengetahui penyebabnya, mereka akan mudah untuk menenangkan. Tapi ada juga bayi yang ketika sudah ganti popok dan dan diberi susu masih tetap menangis histeris. Untuk itu, tak ada salahnya ketika Anda mencoba beberapa cara untuk menenangkan bayi menangis:

Angkat Bayi Ke Bahu dan Ayunkan Badan

Mengangkat bayi ke bahu dan mengayunkan badan bayi atau sambil di bawa bejalan-jalan adalah cara cukup efektif untuk menenangkan bayi. Karena gabungan kontak fisik sambil bergerak akan membuat bayi lebih tenang. Beberapa orangtua ketika mengangkat bayi terkadang juga menyelingi dengan nyanyian untuk membuat bayi lebih merasa tenang dan nyaman.

Penny Warner 365 Baby Care Tips; Helpful Hints for The First Year (2002) mengatakan bahwa ayunan bayi dapat menjadi “penyelamat hidup’ jika Anda mempunyai bayi yang rewel. Ayunan bayi itu dapat menenangkan dan menidurkannya.

Baca juga: Melindungi Masa Emas Anak

Bedung si Bayi

Ketika kita ingin membatasi gerak dan menambah kehangatan bayi, maka membedung adalah salah satu cara efektif. Cara ini seringkali juga memberi efek ketenangan pada bayi.

Dalam artikel Swaddling:  A Syistematic Review (2007) menegaskan bahwa membedung bayi dapat membantu memberi kehangatan dan anak dapat tidur lebih lama. Membedung akan memberikan dapak positif apabila dilakukan dengan penuh kehati-hatian, seperti tak membedung anak terlalu ketat.

Berbicara dengan Pelan

Ketika Anda berbicara secara pelan-pelan pada bayi, maka bayi akan memperhatikan suara-suara itu. Bayi mungkin tak menjawab apa yang Anda bicarakan, tapi sejatinya mereka sedang merekam apa yang Anda katakan. untuk itu, bicaralah sesuatu yang positif pada bayi.

Deepak Chopra Magical Beginnings, Enchanted Lives: A Holistic Guide to Pregnancy and Childbirth (2005) mengatakan bahwa bayi telah mendengar danyut jantung dan suara beberapa bulan sebelum dilahirkan. Ritme dan getara yang kuat seorang ibu akan membuat bayi lebih tenang. Berbicara lembut dan pelan pada bayi akan menenangkan serta memberikan kenyamanan kepada bayi Anda.

Baca juga: Meningkatkan Kecerdasan Anak dengan Memperbanyak Percakapan Sejak Dini

Membawa Bayi Berjalan-jalan

Membawa bayi berjalan-jalan, baik itu dengan mobil atau kereta ayunan bayi akan membuat bayi menjadi lebih tenang karena gerak yang lembut dan berirama akan memudahkan bayi tidur.

Penny Simkin Panduan Lengkap Kehamilan, melahirkan & Bayi (2010) mengatakan bahwa membawa bayi keluar rumah dan berjalan-jalan akan menambah semangat dan menenangkan bayi yang rewel. Bawalah bayi Anda berjalan-jalan saat senggang di sekitar rumah Anda untuk memcari suasana yang baru.

Pijat Tubuh Bayi

Ketika bayi menangis, coba belai batang tubuh serta kaki bayi dengan lembut, maka bayi Anda akan menjadi lebih tenang dan bisa tidur.

Berikan Dot

Ketika bayi menghisap dot, maka secara tak langsung tingkat gerakan dan gairahnya akan mudah terkendali. Dengan memberi dot maka bayi akan menjadi lebih tenang sehingga akan berhenti menangis.

Itulah beberapa metode untuk menenangkan bayi menangis. Anda bisa menggabungkan beberapa metode tersebut agar bayi menjadi tenang dan berhenti menangis. Tapi apabila bayi tetap menangis, coba biarkan untuk sesaat. Setelah itu, biasanya bayi akan memberikan respon dan pada gilirannya bayi akan tidur.