Cara Mengaktifkan Kekuatan Pikiran Bawah Sadar

0
6036

Didaksi.com−Pikiran bawah sadar kita ternyata mempunyai kekuatan besar. Pikiran bawah sadar dapat mensugesti untuk menjadi orang yang sukses atau menjadi orang yang gagal. Pikiran bawah sadar sangat berperan dalam pembentukan diri yang positif, optimis dan atau pribadi yang pesimis dan rendah diri. Kita membutuhkan cara untuk mengaktifkan kekuatan pikiran bawah sadar.

.

12 % mewakili pikiran sadar dan 88 % adalah pikiran bawah sadar” itulah ungkapan dari Sandy Macgregor. Ungkapan itu ingin menegaskan lebih jauh bahwa pikiran kita lebih banyak didominasi pikiran bawah sadar ketimbang pikiran sadar. Pikiran bawah sadar menjadi gudang semua informasi tersimpan. Semua hal ihwal yang pernah kita lakukan, pernah kita pikirkan dan pernah kita rasakan terekam dalam pikiran bawah sadar.

Pikiran sadar adalah keadaan dimana kita aktif bertindak, kita aktif berbicara dan kita aktif terlibat dalam aktivitas yang banyak dalam satu waktu yang sama. Kalau pikiran sadar dan bawah sadar bisa menjadi suatu kesatuan yang bisa bekerja sama dengan baik untuk  menerima dan menyimpan informasi, maka kita akan menjadi orang yang cerdas dan mudah menyimpan informasi dengan mudah serta mengingatnya dengan kuat. Sebaliknya, kalau pikiran sadar kita tak dapat memfilter sesuatu yang kurang baik dan masuk ke dalam pikiran bawah sadar, maka itu akan menjadi citra yang buruk. Kita akan kehilangan optimisme dan menganggap diri kita lemah.

pikiran bawah sadar, kekuatan pikiran bawah sadar, contoh pikiran bawah sadar

 

Sebut saja Ali yang sedang masuk sekolah dan mendapat pelajaran untuk menggambar. Ali menggambar sesuai yang diinginkan. Tapi ketika sudah selesai dan gurunya melihat ternyata gambar itu dianggap kurang bagus dan justru malah ditertawakan. Teman-teman Ali pun menertawakannya dan sambil berkata bahwa Ali tidak bisa menggambar. Ini adalah pikiran sadar yang sedang terjadi.

Tapi pikiran sadar Ali tak bisa mengontrol dan memfilter ungkapan-ungkapan itu, maka masuk menjadi pikiran bawah sadar. Ketika guru dan teman Ali mengajak tidak bisa dan itu langsung masuk dalam diri Ali sambil mengiyakan bahwa dirinya memang tidak bisa, maka itu sudah masuk dalam pikiran bawah sadar. Inilah yang dikatakan pikiran sadar Ali tak bisa memfilter sesuatu informasi kurang baik masuk dalam pikiran bawah sadar.

Menurut Sandy Macgregor, fungsi pikiran bawah sadar itu adalah menyimpan semu ingatan, kebiasaan, semua kepribadian, dan citra diri kita. Kalau pikiran bawah sadar kita difungsikan atau diaktifkan dengan baik, maka semua bentuk informasi dari yang paling mudah hingga yang paling rumit dan kepribadian yang tangguh serta kebiasaan yang bagus dalam aktivitas kita akan tercapai. Kunci semua itu adalah dapat memprogramkan pikiran bawah sadar kita secara lebih baik.

Pikiran bawah sadar juga sulit membedakan antara fakta dan imajinasi. Pikiran bawah sadar sulit membedakan antara kenyataan yang benar-benar terjadi dengan sesuatu yang tidak nyata. Contohnya adalah Ali yang sedang tidur dan bermimpi dikejar-kejar oleh seseorang yang ingin membunuhnya. Dalam mimpi itu Ali seakan benar-benar berlari dan Adrenalin Ali mengalir dengan cukup deras. Denyut jantung Ali pun berdecak lebih kencang dari biasanya. Tapi beberapa saat kemudian Ali langsung terbangun dan langsung menegaskan bahwa dirinya tidak ada apa-apa. Ia menyadari bahwa itu hanya mimpi. Pikiran bawah sadar Ali merasa dikejar-kejar tapi pikiran sadar Ali mengatakan bahwa itu hanya mimpi.

Di antara pikiran sadar dan bawah sadar ini ada pembatas yang disebut dengan Reticular Activating System (Sistem Aktivasi Retikuler). Ini berfungsi sebagai filter pikiran alam bawah sadar. Jadi kalau ada dalam alam sadar informasi yang kurang baik. Maka sistem inilah yang menyaringnya. Inilah yang dikatakan pikiran alam sadar dapat mengendalikan pikiran alam bawah sadar. Tapi akan menjadi sulit apabila informasi itu sudah merasuk dalam pikiran bawah sadar dan menjadi citra diri.

Program Alam Pikiran Bawah Sadar

Pada saat inilah penting untuk masuk dalam pikiran bawah sadar untuk memprogram ulang. Agar bisa masuk dalam pikiran bawah sadar kita harus ada pada titik gelombang Teta atau Alpa. Kalau kita masih ada pada titik gelombang Beta, maka tak mungkin kita masuk dalam pikiran bawah sadar dan tak mampu pula kita program ulang ingatan dan citra diri yang sudah tertanam dalam pikiran bawah sadar.

Pada gelombang Delta sebenarnya pikiran bawah sadar kita bekerja lepas. Filter tidak ada. Tapi tidak adanya filter yang membuat gudang informasi terbuka lebar ini akhirnya kita tak bisa menjaga informasi dan tak bisa mengendalikan. Dalam keadaan Delta ini pikiran sadar mati. Padahal untuk program pikiran bawah sadar butuh pikiran sadar.

Yang paling memungkinkan untuk masuk dalam pikiran bahwa sadar adalah ketika dalam keadaan Teta dan Alpa. Keadaan ini adalah situasi yang fokus tunggal dan penuh dengan rileks. Ketika dalam keadaan Alpa dan Teta ini filter terbuka sebagian sehingga pikiran bawah sadar dapat bekerja secara efektif. Keadaan Alpa dan Teta pikiran bawah sadar dapat menyerap informasi dan dapat mengeluarkan informasi secara cepat.

Pikiran bawah sadar mempunyai alam tersendiri sehingga kalau kita ingin mengoptimalkan perlu cara yang berbeda dengan pikiran sadar. Menurut Sandy Macgregor ada beberapa hukum dasar pikiran bawah sadar manusia.

Membangun Citra Positif

Kalau ingin berbicara dengan pikiran bawah sadar maka janganlah memakai bahasa negatif, seperti, “Jangan lupa”, “Jangan Meloncat,”, Jangan Lari, dan beberapa bahasa negatif lainnya. Kalau kita berbicara dengan bahasa negatif, maka pikiran bawah sadar langsung tertuju pada kalimat negatif itu. Umpama Anda menyuruh anaknya untuk tidak menyeberang, maka pikiran bawah sadar anak akan langsung terpikirkan untuk menyeberang.

Bahasa yang digunakan kalau kita berbicara dengan pikiran bawah sadar haruslah positif. Pikiran bawah sadar menangkapnya dengan baik. Ini sangat penting untuk mensugesti pikiran bawah sadar kita agar mempunyai kesan yang positif dalam diri kita. Kalau pikiran bawah sadar kita selalu menangkap pesan yang positif, maka itu akan membentuk citra diri yang positif pula. Kita menjadi pribadi yang lebih optimis dan percaya diri dibanding menjadi orang yang rendah diri dan serba takut dalam melakukan apapun.

Menggunakan Kalimat, “Saat Ini”

Kita mungkin seringkali merencanakan sesuatu yang bersifat akan datang atau bahkan besok. Untuk pikiran bawah sadar ini kurang baik. Pikiran bawah sadar lebih menghendaki sesuatu yang bersifat saat ini. :besok aku akan mencuci”. Ini adalah bahasa yang kurang baik bagi pikiran bawah sadar. Lebih baik “ Aku akan mencuci sekarang” inilah yang dikehendaki oleh pikiran bawah sadar.

Bersifat pribadi

Istilah untuk pikiran bawah sadar adalah “saya” atau “aku” atau juga bisa dengan sebutan nama secara gamblang. Pikiran bawah tak menghendaki kata “kamu” atau “Anda”. Kalau kita ingin berbicara dengan pikiran bawah sadar, maka berbicaralah atas nama pribadi secara gamblang. “Saya mempunyai banyak ilmu” itulah salah satu contoh kalimat yang dapat digunakan untuk berbicara dengan pikiran bawah sadar kita.

Pengulangan

Pikiran bawah sadar membutuhkan pengulangan. Bukan berarti pikiran bawah sadar tidak bisa mendengar, tetapi dalam keadaan sadar kalau kita ingin berbicara pada pikiran bawah sadar butuh pengulangan. Kalau kita selalu melakukan pengulangan demi pengulangan, maka pikiran bawah sadar kita akan lebih cepat untuk menangkapnya.

Perasaan

Perasaan adalah bahasa yang paling ampuh untuk menyapa pikiran bawah sadar. Bukankah kalau kita melakukan sesuatu dengan penuh perasaan bekas ingatannya cukup kuat. Perbuatan yang melibatkan perasaan meskipun itu hanya berlangsung dalam satu kali maka akan sulit dilupakan dan selalu muncul dalam ingatan kita. Itu karena terekam dengan kuat di pikiran bawah sadar kita, baik itu berupa sesuatu hal negatif atau perbuatan yang positif.

Itulah beberapa hukum dasar dan sekaligus menjadi pegangan bagi kita bersama untuk lebih aktif mengoptimalkan pikiran bawah sadar kita. Sebenarnya kita sudah seringkali mengalami beberapa kejadian; baik itu yang bersifat negatif atau pun positif, dalam pikiran bawah sadar kita. Tapi kita tidak sadar cara kerja dan fungsi yang sebenarnya dari pikiran bawah sadar.

Semoga dengan ini kita mampu mengoptimalkan pikiran bawah sadar sehingga kita menjadi orang yang pintar dalam menyimpan dan mengeluarkan informasi serta menjadi pribadi yang optimis dalam setiap melakukan apapun.

Daftar Bacaan
Hartono Sangkaparan, Dahsyatnya Otak Tengah, (Jakarta: Visimerdia, 2010)
Sandy Macgregor, Piece of Mind, mengaktifkan kekuatan pikiran bawah sadar untuk mencapai tujuan, (Jakarta: Gramedia, 2006)
Sumber Gambar Pixabay Image

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here