Main di luar Ruangan Membuat Anak Cerdas

Kreativitas

Mainan anak, main di luar ruangan, anak cerdas

Didaksi.com−Bermain di luar ruangan sangat bermanfaat bagi kecerdasan otak, prestasi akademik dan kesehatan anak. Bermian di luar ruangan membuat anak berada di alam bebas untuk berekspresi-eksplorasi dan segala indra anak juga akan ikut aktif. Sangat berbeda dengan anak yang hanya meringkuk di kamar dengan hanya menghadap-menatap monitor atau memegang gadget.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh British Journal of Sports Medicine menyebutkan bahwa anak-anak yang bermain game di luar ruangan lebih memungkinkan memiliki otak cerdas dan berprestasi dalam bidang akademik. Kesimpulan itu didapat setelah peneliti mengungkap 21 laporan berkaitan dengan empat tema; kebugaran dan kesehatan, kecerdasan intelektual, keterlibatan, motivasi dan kesejahteraan, anak yang berusia 6 hingga 18 tahun. Peneliti membuat kesimpulan bahwa anak yang beraktivitas dan kebugaran di luar ruangan ternyata sangat berdampak positif bagi kecerdasan otak mereka. Anak-anak yang yang melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga, baik itu sebelum, selama dan setelah sekolah bisa meningkatkan kemampuan anak untuk bersaing dalam kemampuan akademik di sekolah.

Baca Juga: Lingkungan yang Merangsang Kreativitas

Manfaat olahraga atau beraktivitas di luar ruangan bagi anak itu tak hanya secara akademik, tetapi juga memberikan dampak pada kesehatan; menurunkan resiko penyakit jantung, diabetes serta penyakit lainnya. Di samping mengurangi resiko penyakit, aktivitas fisik di luar—dalam penelitian itu juga diungkapkan—ternyata bisa meningkatkan kepercayaan diri, motivasi dan mampu membangun relasi dengan teman sebaya, orang tua dan lingkungan sekitar menjadi lebih baik.

Sangat disayangkan apabila anak-anak kehilangan momen untuk membiarkan anak-anaknya bermain bebas diluar. Sebagai orangtua, mestinya rasa cinta itu tak membuat kreativitas anak untuk melakukan ekpslorasi secara luas terbatas. Ketakutan itu sebuah kewajaran, tetapi aspek perkembangan anak-anak dan kreativitas anak-anak harus diasah tanpa batas. Itulah kenapa orang tua itu hanya bisa memfasilitasi keunikan tiap-tiap anak, bukan memiliki dan membonsai masa depan anak-anak.

Mulai saat ini, ajaklah anak-anak kita untuk bermain di luar. Kita bisa memfasilitasi anak untuk bermain di luar rumah dengan membuat peta jalan sepeda, membuat area untuk bermain pasir, lapangan sepakbola kecil, bermain air dan bahan-bahan alam sekitar. Segala aktivitas yang melibatkan semua indera itu sungguh akan lebih memberi efek positif bagi pertumbuhan dan perkembangan anak di banding bermain di depan layar dan gadget.

Hentikan juga memberikan anak gadget hanya untuk mendiamkan anak, agar orang tua bisa mengerjakan yang lain. Anak-anak adalah penanya ulung yang kritis dan peneliti handal yang selalu ingin melakukan eksplorasi dengan hal yang baru. Orang tua perlu khawatir dengan anak yang hanya diam termangu dan bergembira kalau ada anaknya yang tak bisa diam alias selalu beraktivitas. Anak yang selalu beraktivitas itu menunjukkan tanda-tanda kecerdasan dan sebaliknya. Maka memberikan permainan gadget di dalam rumah agar anak diam tak bertingkah sebenarnya adalah penyekapan halus terhadap masa depan anak-anak.

Sumber Bacaan
www.hindustantimes.com
www.creativitypost.com
Telefashion.id

Pixabay Image