Tips Parenting Islami

Tips

Parenting Islami , Cara mendidik anak menurut islam , Adab mendidik anak dalam islam

Didaksi.com −Islam mempunyai rambu-rambu tersendiri tentang cara mendidik anak. Kedudukan anak dalam islam mendapat perhatian khusus sehingga materi parenting islami yang terkandung dalam Alquran, Hadits  serta para ulama sangat kompleks. Dengan demikian, ada beberapa adab mendidik anak dalam islam atau yang lebih akrab dengan ilmu parenting islami.

Baca juga Melatih Kemandirian Anak Usia 2-6 Tahun

Tokoh Pendidikan Anak Usia Dini dan Pemikirannya

Apakah Perlu Membedakan Mainan Anak Laki-Laki dan Perempuan

Permainan Anak Usia 4 Tahun

Memberi Pujian

Puji anak anda, bahkan jika mereka mendapatkan nilai yang kurang bagus dalam ujian. Anda perlu memberi pujian bukan karena hasil, tapi karena mereka adalah anak anak dan telah melakukan proses dengan gigih. Anda juga perlu memberikan pujian saat berada di depan orang lain. Itu menunjukkan bahwa Anda mempunyai kasih sayang dan cinta yang tulus.

Memberi Hormat

Setiap kali anda berbicara dengan anak-anak anda, berbicara dengan hormat. Perlakukan anak Anda sebagaimana layaknya Anda ingin diperlakukan. Gunakan kata ‘tolong’ saat Anda ingin memerintah anak untuk mengambil sesuatu. Jangan pernah bersumpah di hadapan anak Anda karena itu memberikan kesan bahwa Anda perlu menekkankan sesuatu untuk memberi kepercayaan.

Jangan Rampas Waktu Bermain Anak

Jangan pernah Anda merampas waktu bermain anak dan memperlakukan mereka seperti layaknya orang dewasa. Dunia anak adalah dunia bermain. Mereka belajar melalui bermain. Kalau Anda  merampas dunia bermain anak-anak, mereka akan memberontak dalam hidupnya.

Membantu Membuat Keputusan

Orangtua perlu membantu anak-anaknya dalam membuat keputusan. Keputusan tentu berawal dulu dari perencanaan. Untuk itu, didiklan anak Anda untuk membuat perencanaan dan keputusan sehingga mereka belaar mandiri dan independen.

Minta Pendapat  pada Anak

Anda sebagai orangtua perlu menghormati dan menghargai anak, salah satunya adalah meminta pendapat mereka ketika Anda ingin membuat keputusan besar, seperti kalau Anda ingin membelirumah atau mobil. Hal ini akan mengembangkan kebiasaan konsultasi dan diskusi di dalam kehidupan rumah tangga

Menjadi Teladan

Ajari anak Anda untuk mengikuti anda dalam sholat. Anda perlu menjadi teladan dari hanya sekadar menginstruksikan, itu adalah cara yang lebih kuat. Anak Anda akan ingat apa yang dia lihat anda lakukan selamanya.

Memenuhi Janji

Anda harus memenuhi janji-janji kepada anak-anak. Jangan Anda rusak kepercayaan anak dengan hanya berjanji. Kalau terpaksa Anda tak bisa memenuhi janji karena ada perlua atau alasan yang mendasar, jelaskan dan berilah pemahama pada anak Anda.

Menumbuhkan Harapan

Katakan pada anak Anda, kamu bisa gagal sekali, tapi jangan pernah kehilangan harapan. Ajari mereka bagaimana mereka harus bereaksi terhadap kegagalan dan terus bangkit untuk menjemput harapan-harapan baru di masa yang akan datang.

Minta Maaf Kalau Salah

Kalau Anda melakukan kesalahan, maka Anda harus minta maaf kepada mereka. Hal ini mengajarkan bagaimana anak anda untuk bertobat kepada Allah.

Mengenalkan pada Alquran

Pastikan Anda mendidik anak-anak untuk membaca sebagian dari Alquran setiap hari, sesuai dengan kapasitas dan kemampuan mereka.

Memeluk dan Mencium Anak

Katakan pada anak Anda berulang kali bahwa anda mencintai mereka dan betapa pentingnya mereka bagi Anda. Peluk anak Anda dan cium mereka. Itu Adalah Sunnah Rasullullah.